KATA PENGANTAR

Alhamdilillah, segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Shalawat dan salam semoga selalu Allah limpahkan kepadan baginda Nabi Muhammad beserta seluruh keluarganya, sahabat, dan segenap pengikutnya. Sebuah makala singkat yang saya tulis ini hanya sebuah catatan dan pikiran saya mengenai presepsi dan contoh kegagalan presepsi yang saya alami sendiri. Mudah- mudahan tulisan yang saya tulis ini memberikan kontribusi positif bagi yang membacanya. Semoga Allah memberikan perlindungan dan pertolongan kepada kita Amiin.










PENDAHULUAN

Presepsi adalah suatu hal yang di alami oleh manusia .jika salah melakukan persepsi maka kita akan salah menilai serseorang. Dalam berkelompok atau bermasyarakat dapat berpengaruh penting terutama dalam pergaulan. Dengan  presepsi ini kita dapat menilai seseorang tersebut entah  bekelakuan baik ataupun buruk.

1. Latar belakang
Mengingat persepsi adalah suatu hal yang penting  dalam hidup ini maka perlu di jelaskan secara jelas beserta contohnya  agar kita tidak salah persepsi.
2. Harapan
Saya berharap semoga dengan makalah ini dan tulisan yang saya tulis ini  bermanfaat  bagi yang membacanya,






KEGAGALAN PERSEPSI

Sebelum kita membahas kegagalan persepsi  dalam kehidupan kita sehari-hari terutama di kehidupan saya.kita harus  mengatahui apa itu persepsi dan kegagalan persepsi  dalam kehidupan.
a..Pengertian persepsi
persepsi adalah rangsangan internal diri seseorang  terhadap individu atau benda tertentu.persepsi juga di katakana sebagai penilaian seseorang  terhadap orang yang di lihat ,mulai dari dari tingka lakunya ,perbuatanya dan penampilanya.terkadang dalam kehidupan manusia  muncul  berbagai persepsi  dalam  diri seseorang  untuk  menilai  atau membayangkan  teman  kita m,sahabat kita  ,orang tua dan orang terdekat kita.persepsi yang muncul di benak kita bahwa orang tersebut adalah orang jahat ,karena kita melihat dia dari tingkah lakunya atau perbuatanya yuang selalu mengarah kepadah hal-hal  yang buruk ,tetapi tanpa kita sadari ternyata dia adalah seseorang yang baik juga ,dia juga melakukan perbuatan yang di senangi orang ,kalau ada orang yang meminta bantuan maka dia orang yang pertama yang membantu.persepsi kadang tidak sesuai dengan apa yang kita fikirkan tentang orang lain ,karena belum tentu orang yang kita nilai baik ,maka dari itu kita harus berhati –hati dalam persepsi agar tidak salah dalamn mengambil tindakan.

b.Contoh kegagalan persepsi saya
Saya  adalah orang selalu memilih dalam bersahabat .jika saya ingin berteman maka hal pertama yang di lakukan adalah persepsi .dua tahun yang lalu waktu masi di banguku SMA ,di awal saya berteman orang yang pertama kali berkenalan  dengan saya adalah Agussalim namanya.saya menilai dia sebagai orang yang tidak punya sopan santun dan tidak berbudi pekerti ,karena dia selalu bertingka aneh dan selalu bohong ,menurutv saya dalam menilainya ,bukan hanya itu dia selalu berteriak jika kami berjalan bersama.terkadang dalam fikiran saya mengatakan ,orang yang satu ini mungkin tidak punya rasa  malu.itulah persepsi saya terhadap teman saya,ternyata persepsi saya masi salah ,sahabat yang selama ini membuat saya jengkel dan tidak suka perilakunya,membuat saya terharu dan menangis dia adalah orang yang selalu menghormati kedu orang tuanya,orang yang tua darinya ,dan menyangi orang yang lebih mudah darinya,ketika saya mempunyai masalah orang yang pertama kali memberikan nasehat dan meyenangkan hati saya adalah sahabat saya sendiri.dia selalu ada untuk saya kalau saya sedang sedih ,bahkan dia sangat berarti bagi saya kebaikannya tidak bisa ku lupakan sampai saat ini saya masi merindukanya .semasah hidup saya baru merasakan indahnya kebahagian dalam bersahabat,ternyata kekuatan cinta sahabat sejati mengahlahkan cinta antara adik dan kaka.itulah contoh kegagalan persepsi saya yang tidak bisa aku lupakan .sahabat berhati hatilah dalam melakukan presepsi,semoga anda dan saya tidak terjebak dengan persepsi.


PENUTUP
Kethuilah wahai saudarah ku bahwa setiap yang kita fikirkan  atau menilai belum tentu benar dan mungkin saja salah ,karena persepsi karena persepsi itu hanya muncul dalam pikiran kita .tidak zsemua persepsi itu benar ,terkandang persepsi kita juga benar dan salah tergantung dengan realita yang ada,karena persepsi itu sangat penting maka kita harus berhati –hati dalam persepsi.

0 Response to " "

Posting Komentar