One Piece dan Manfaat Menontonnya

        One Piece (ワンピース wanpīsu) adalah sebuah  anime dan manga tentang sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D Luffy yang pergi mencari harta karun legendaris bernama One Piece. Luffy menjadi manusia karet yang memiliki kekuatan memanjangkan tubuhnya setelah secara tak sengaja memakan buah Gomu Gomu, salah satu dari buah iblis. Selama perjalanan Luffy banyak bertemu dengan teman baru dan musuh yang beragam.

      One Piece diciptakan oleh Eiichiro Oda. Komiknya dimulai pada 1997 di Shonen Jump terbitan Shueisha dan hingga kini masih terus berlanjut. Versi TV nya dimulai pada Oktober 1999. Di Indonesia manga ini diterbitkan Elex Media Komputindodan hingga kini telah mencapai jilid ke 60 lebih. Versi TV-nya, yang diproduksi Toei, telah mencapai 500 episode di Jepang. Sampai saat ini, One Piece telah mengeluarkan 12 film, yang terakhir dirilis pada tanggal 15 Desember 2012. Di Indonesia  sendiri pernah ditayangkan di RCTI dan Global TV.

          Pada Februari 2005, One Piece mencetak rekor di Jepang sebagai penerbitan manga yang tercepat mencapai 100.000.000 eksemplar. Hingga saat ini One Piece adalah salah satu manga paling laris sepanjang sejarah Jepang dengan penjualan lebih dari 260 juta kopi. Selain itu One Piece juga memecahkan rekor sebagai manga dengan cetakan pertama terbanyak. One Piece banyak mendapat pujian di antara para pembaca, terutama dalam hal gambar, karakter, humor, dan cerita.

         One Piece menjadi manga atau anime yang sangat popular didunia karena banyak pelajaran yang dapat dipetik dari cerita ini. Mungkin banyak orang tua yang tidak menyukai anaknya menonton acara ini karena banyak menampilkan kekerasan dan unsur dewasa. Sebenarnya orang tua tidak tau apa manfaatnya dari menonton one piece ini. One Piece itu sebenarnya menurut saya wajar ada unsur dewasanya karena kalau di Jepang komik biasanya diperuntukan untuk anak yang berumur 15 tahun keatas. Dan one piece termasuk didalamnya. Nah yang perlu orang tua tau adalah jangan pernah menjudge acara tersebut tidak mendidik karena apabila orang tua turut menonton menemani anaknya maka orang tua akan paham manfaatnya bahkan saya katakana acara One Piee 1000 kali lebih baik dari acara yang ada di Indonesia sekarang ini.

            Keyakinan/Semangat Menggapai adalah salah satu yang dapat dipelajari dari anime one piece. Kita diajarkan bagaimana caranya memperjuangkan impian dan bagaimana cara harus menggapainya. Bahkan semua orang didalam kru bajak laut topi jerami setiap anggotanya punya impian masing-masing. Kalau kita tonton one piece dari episeode 1 kita sudah disuguhkan keyakinan luffy untuk menjadi raja bajak laut. Bahkan luffy mengatakan kepada Coby bahwa ketika dia memutuskan untuk menjadi raja bajak laut dia tidak akan pernah menyesal walaupun nyawa sebagai taruhannya. Ada lagi Zoro yang ingin menjadi pendekar pedang no1 didunia. Zoro bahkan mengecam orang yang mengatakan impiannya zoro itu bodoh, tapi zoro malah menjawab aku sudah memutuskannya dan aku akan mempertaruhkan semuanya dan hanya aku saja yang boleh bilang kalau aku bodoh. Sebenarnya masih banyak lagi kalau kita bicara tentang impian yang ada di one piece.

           Selain semangat dalam menggapai impian kita pun diajarkan untuk pentingnya memgang sebuah janji. Mungkin kalian pernah mendengar bahwa janji adalah sebuah hutang. Di one piece kita diajarkan bagaimana menepati janji itu. Lagi-lagi di episode-episode awal kita disuguhkan makna bagaimana kita harus menepati janji. Tepatnya di episode 4 Luffy berjanji kepada Shank bahwa suatu saat dia akan menjadi bajak laut yang hebat bahkan akan menjadi raja bajak laut. Shank yang melihat tekad Luffy langsung memberikan topi jeraminya kepada Luffy dan menyuruhnya untuk menjaganya dan kembalikan jika luffy sudah menjadi bajak laut hebat. Dan sampai saat ini Luffy masih memakai topinya shank. Ada lagi Brook yang berjanji akan menemui temannya seekor paus. Walaupun sudah lebih dari 50 tahun tapi Brook berusaha untuk menepati janjinya. Lagi-lagi masih banyak hal sebenarnya yang ada kaitannya dengan janji namun akan panjang jika dijelaskan satu-satu.

         Yang paling saya suka dibanding anime lain ikatan pertemanan dione piece adalah yang paling membuat saya terharu. Kalau berbicara tentang pertemanan One piece sangat banyak menceritakan ttg pertemanan. Tidak bisa dijelaskan satu persatu. Bahkan setiap kru topi jerami akan sangat amat marah jika ada orang yang membuat temannya menderita. Yang jelas one piece ini sangat menonjolkan cerita tentang pertemanan. Bahkan Kru topi jerami berani menantang Pemerintah Dunia karena telah membuat salah satu temannya menderita. Bayangkan menantang 170 negara hanya untuk menyelamatkan seorang teman. Orang bodoh mana yang mau menantang 170 negara untuk seorang teman.? Tapi Luffy dkk tidak pernah peduli apa kata orang karena bagi Luffy teman adalah segalanya walaupun satu orang. Masih banyak cerita hebat tentang pertemanan dalam one piece. Bahkan setiap Arcnya kita di suguhkan arti pertemanan.

          Mungkin sekian dulu yah, karena saya tidak bisa menuliskan manfaatnya satu-satu karena keterbatasan waktu. Saya pribadi sangat menyarankan anak-anak Indonesia untuk menonton one piece. Tapi hanya untuk anak-anak yang berumur 15 tahun keatas. Kalau anak-anak dibawah umur 15 tahun harus didampingi orang tua dan orang tua harus memberi tau manfaatnya perepisode agar anak-ana tidak salah paham.







0 Response to "One Piece dan Manfaat Menontonnya"

Posting Komentar