Pengertian CSR dan Contohnya di Perusahaan.

Hello.. kali ini saya akan membahas tentang CSR (Corporate Social Responsibility). CSR ini sudah diatur oleh undang-undang Negara kita. Karena CSR telah diatur oleh UU Indonesia maka suatu perusahaan wajib melaksanakannya. Program CSR sudah mulai bermunculan di Indonesia seiring telah disahkannya Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal, adapun isi Undang-Undang tersebut  yang berkaitan dengan CSR, yaitu:

Pada pasal 74 di Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007, berbunyi:

1)  Perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

2)   Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan kewajiban Perseroan yang dianggarkan dan diperhitungkan sebagai biaya Perseroan yang pelaksanaannya dilakukan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran.

3)  Perseroan yang tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

4)   Ketentuan lebih lanjut mengenai Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan diatur dengan Peraturan Pemerintah.

Nah sekarang apa sih CSR itu??

CSR adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap sosial atau lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Sedangkan definisi CSR menurut World Business Council on Sustainable Development adalah komitmen dari bisnis/perusahaan untuk berperilaku etis dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, seraya meningkatkan kualitas hidup karyawan dan keluarganya, komunitas lokal dan masyarakat luas. Wacana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) yang kini menjadi isu sentral yang semakin populer dan bahkan ditempatkan pada posisi yang penting, karena itu kian banyak pula kalangan dunia usaha dan pihak-pihak terkait mulai merespon wacana ini, tidak sekedar mengikuti tren tanpa memahami esensi dan manfaatnya.

Program CSR merupakan investasi bagi perusahaan demi pertumbuhan dan keberlanjutan (sustainability) perusahaan dan bukan lagi dilihat sebagai sarana biaya (cost centre) melainkan sebagai sarana meraih keuntungan (profit centre). Program CSR merupakan komitmen perusahaan untuk mendukung terciptanya pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Disisi lain masyarakat mempertanyakan apakah perusahaan yang berorientasi pada usaha memaksimalisasi keuntungan-keuntungan ekonomis memiliki komitmen moral untuk mendistribusi keuntungan-keuntungannya membangun masyarakat lokal, karena seiring waktu masyarakat tak sekedar menuntut perusahaan untuk menyediakan barang dan jasa yang diperlukan, melainkan juga menuntut untuk bertanggung jawab sosial.

Penerapan program CSR merupakan salah satu bentuk implementasi dari konsep tata kelola perusahaan yang baik (Good Coporate Governance). Diperlukan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) agar perilaku pelaku bisnis mempunyai arahan yang bisa dirujuk dengan mengatur hubungan seluruh kepentingan pemangku kepentingan (stakeholders) yang dapat dipenuhi secara proporsional, mencegah kesalahan-kesalahan signifikan dalam strategi korporasi dan memastikan kesalahan-kesalahan yang terjadi dapat diperbaiki dengan segera.

Dengan pemahaman tersebut, maka pada dasarnya CSR memiliki fungsi atau peran strategis bagi perusahaan, yaitu sebagai bagian dari manajemen risiko khususnya dalam membentuk katup pengaman sosial (social security).   Selain itu melalui CSR  perusahaan juga dapat membangun reputasinya, seperti meningkatkan citra perusahaan maupun pemegang sahamnya, posisi merek perusahaan, maupun bidang usaha perusahaan.

Dalam hal ini perlu ditegaskan bahwa CSR berbeda dengan charity atau sumbangan sosial. CSR harus dijalankan di atas suatu program dengan memerhatikan kebutuhan dan keberlanjutan program dalam jangka panjang. Sementara sumbangan sosial lebih bersifat sesaat dan berdampak sementara. Semangat CSR diharapkan dapat mampu membantu menciptakan keseimbangan  antara perusahaan, masyarakat dan lingkungan. Pada dasarnya tanggung jawab sosial  perusahaan ini diharapkan dapat kembali menjadi budaya bagi bangsa Indonesia khususnya, dan masyarakat dunia dalam kebersamaan mengatasi masalah sosial dan lingkungan.

Keputusan manajemen perusahaan untuk melaksanakan program-program CSR secara berkelanjutan, pada dasarnya merupakan keputusan yang rasional. Sebab implementasi program-program CSR akan menimbulkan efek lingkaran emas yang akan dinikmati oleh perusahaan dan seluruh stakeholder-nya. Melalui CSR, kesejahteraan dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat lokal maupun masyarakat luas akan lebih terjamin. Kondisi ini pada gilirannya akan menjamin kelancaran seluruh proses atau aktivitas produksi perusahaan serta pemasaran hasil-hasil produksi perusahaan. Sedangkan terjaganya kelestarian lingkungan dan alam selain menjamin kelancaran proses produksi juga menjamin ketersediaan pasokan bahan baku produksi yang diambil dari alam.

Bila CSR benar-benar dijalankan secara efektif maka dapat memperkuat atau meningkatkan akumulasi modal sosial dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Modal sosial, termasuk elemen-elemennya seperti kepercayaan, kohesifitas, altruisme, gotong royong, jaringan dan kolaborasi sosial memiliki pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Melalui beragam mekanismenya, modal sosial dapat meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap kepentingan publik, meluasnya partisipasi dalam proses demokrasi, menguatnya keserasian masyarakat dan menurunnya tingkat kekerasan dan kejahatan.

Tanggung jawab perusahaan terhadap kepentingan publik dapat diwujudkan melalui pelaksanaan program-program CSR yang berkelanjutan dan menyentuh langsung aspek-aspek kehidupan masyarakat. Dengan demikian realisasi program-program CSR merupakan sumbangan perusahaan secara tidak langsung terhadap penguatan modal sosial secara keseluruhan. Berbeda halnya dengan modal finansial yang dapat dihitung nilainya kuantitatif, maka  modal sosial tidak dapat dihitung nilainya secara pasti. Namun demikian, dapat ditegaskan bahwa pengeluaran biaya untuk program-program CSR merupakan investasi perusahaan untuk memupuk modal sosial.

Program SCR Pada PT Indosat.

Karena program SCR telah diatur didalam undang-undang dasar maka perusahaan wajib mengikuti aturannya, begitu juga dengan PT Indosat. Berikut program-program SCR yang ada pada PT. Indosat

1. Indosat Peduli Bencana Longsor Banjarnegara

Ribuan jiwa mengungsi akibat longsor di Banjarnegara Mari bersama berpartisipasi membantu saudara kita melalui *123*55#

Pilihan SMS donasi Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000


2. SMS Donasi WWF

Indonesia memiliki keunikan alam yang indah dengan beraneka ragam flora fauna yang bermanfaat untuk generasi masa depan. Mari lestarikan alam Indonesia, tunjukkankepedulianmu melalui *123*50#

Pilihan SMS donasi Rp. 2.000,-; Rp. 5.000,- Rp. 10.000,-, Rp. 50.000,- , Rp 100.000,-


Dukung kekayaan alam Indonesia yang sangat indah melalui twitter #IndosatCinta AlamIndonesia

Program berlaku 5 November 2014 – 31 Januari 2015

3. Internet Wireless Innovation Contest

Perkembangan dan kemajuan teknologi tidak dapat dilewatkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama di bidang aplikasi mobile. IWIC sudah diselenggarakan sejak tahun 2006 dan merupakan kompetisi aplikasi mobile paling konsisten dan dihargai hingga saat ini. IWIC telah berkembang menjadi program yang sangat strategis, tidak hanya semakin menarik dengan berbagai hal barunya, namun IWIC telah menjadi salah satu dari tiga inisiatif pendukung Unit Digital Indosat, selain Ideabox dan kerjasama dengan Softbank Jepang. IWIC akan terus mendampingi para generasi muda dalam berkreasi, mengembangkan aplikasinya, memberikan pembinaan dan mentoring, mendukung pencarian dana sehingga menghantarkan mereka menjadi technopreneur serta mewujudkan karyanya menjadi karya bernilai manfaat tinggi bagi kehidupan masyarakat. 

4. INSPERA (Inspirasi Perempuan Indonesia)

Mendukung peningkatan kualitas kehidupan perempuan Indonesia secara menyeluruh melalui pemanfaatan teknologi informasi merupakan salah satu komitmen Indosat dalam memberikan perhatian khusus terhadap perempuan Indonesia. INSPERA  (Inspirasi perempuan Indonesia) merupakan program pemberdayaan wanita Indonesia sebagai wujud komitmen Indosat untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan Indonesia melalui dukungan layanan telekomunikasi dan program komunitas yang berkelanjutan.

Komitmen Indosat untuk Pemberdayaan perempuan Indonesia meliputi 2 program yaitu:

Program pendanaan usaha mikro perempuan berbasis e-wallet Indosat Dompetku di Tangerang Selatan dan Bogor. Program ini dirancang untuk memudahkan para perempuan pelaku usaha mikro yang memanfaatkan teknologi telpon genggam untuk menikmati layanan Dompetku, sehingga dapat melakukan transaksi keuangan secara lebih cepat, nyaman,aman dan efisien dengan transaksi yang bersifat non-tunai. 

Program Pemberdayaan Kelompok Usaha Perempuan melalui pelatihan kewirausahaan industri rumahan di Purwokerto, Jawa Tengah. Para perempuan akan menerima manfaat berupa workshop, pelatihan, dan pendampingan kewirausahaan.

5. Indonesia Belajar

Mengoptimalkan dan meningkatkan mutu pendidikan menjadi sebuah kebutuhan utama yang bergerak dari hulu ke hilir demi menciptakan generasi penerus yang cerdas dan berkualitas sebagai tulang punggung masa depan bangsa. Sejak 2004 Indosat fokus pada dunia pendidikan dengan tema Indonesia Belajar.

Program Indonesia belajar meliputi :

Program Sekolah Binaan Indosat  yang dilaksanakan di dua sekolah dasar yakni SDN 02dan SDN 03, Desa Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Program ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga pengajar dan peserta didik yang sesuai dengan standar pendidikan nasional yang diinginkan. Secara spesifik program ini memberi pelatihan dan pendampingan teknis agar sekolah dapat memenuhi bahkan melampaui delapan standar nasional pendidikan sehingga menghasilkan proses belajar yang aktif, kreatif, dan menyenangkan demi terwujudnya peserta didik yang berkualitas dan berkarakter.
Indosat memahami bahwa kunci peningkatan kualitas kehidupan bangsa terletak pada kualitas pendidikan masyarakatnya, khususnya generasi muda. Perhatian dan komitmen Indosat difokuskan pada bidang pendidikan. Sejak 2012, Indosat ikut berpartisipasi dalam kegiatan Indonesia Mengajar yang digagas oleh Bapak Anies Baswedan. Indonesia Mengajar mengirimkan anak-anak muda terbaik Indonesia lulusan Perguruan Tinggi untuk mengajar di lokasi-lokasi terpencil yang membutuhkan tenaga pendidik. Indosat merupakan salah satu perusahaan yang sejak awal berpartisipasi dalam kegiatan ini.

6. Mobil Klinik

Indosat bersama induk perusahaannya, Ooredoo Group berkomitmen mendukung peningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Indonesia, terutama berfokus pada anak-anak melalui pengoperasian Indosat Mobil Klinik dengan menyediakan layanan kesehatan gratis kepada mereka yang kurang beruntung.

Indosat mengoperasikan 16 unit Mobil Klinik, melayani lebih dari 600.000 orang hingga hari ini, ditempatkan di area-area untuk melayani masyarakat di sekitarnya melalui kunjungan rutin dan terjadwal. Selain itu, dalam situasi darurat seperti terjadinya bencana alam, mobil klinik juga dapat dimobilisasi ke lokasi bencana dan memberikan bantuan medis dan kesehatan darurat kepada korban bencana.

Mobil Klinik Indosat telah dianugerahi MDG Awards sebagai wujud pengakuan atas kontribusi Indosat terhadap PBB Millenium Development Goals (MDG) untuk meningkatkan kesehatan ibu dan menurunkan angka kematian anak. 

Mobil Klinik Indosat juga didukung langsung oleh Ooredoo Group dan telah mengumumkan serangkaian inisiatif baru bersama Yayasan Leo Messi (Leo Messi Foundation) membawa Mobil Klinik menjadi program kesehatan global untuk negara berkembang lainnya. Program ini bertujuan memberikan layanan kesehatan untuk dua juta anak pada tahun 2016, dengan fokus di pasar Ooredoo di Timur Tengah, Afrika Utara, dan Asia Tenggara.

Untuk lebih lengkap tentang SCR pada PT Indosat, silahkan kunjungi LINK INI

Kesimpulan :

Jadi program SCR pada suatu perusahaan itu sangat bermanfaat dan menguntungkan bagi sebuah perusahaan dan masyarakat. CSR akan lebih berdampak positif bagi masyarakat, ini akan sangat tergantung dari orientasi dan kapasitas lembaga dan organisasi lain, terutama pemerintah. Studi Bank Dunia (Howard Fox, 2002) menunjukkan, peran pemerintah yang terkait dengan CSR meliputi pengembangan kebijakan yang menyehatkan pasar, keikutsertaan sumber daya, dukungan politik bagi pelaku CSR, menciptakan insentif dan peningkatan kemampuan organisasi. Untuk Indonesia, bisa dibayangkan, pelaksanaan CSR membutuhkan dukungan pemerintah daerah, kepastian hukum, dan jaminan ketertiban sosial. Pemerintah dapat mengambil peran penting tanpa harus melakukan regulasi di tengah situasi hukum dan politik saat ini. Di tengah persoalan kemiskinan dan keterbelakangan yang dialami Indonesia, pemerintah harus berperan sebagai koordinator penanganan krisis melalui CSR (Corporate Social Responsibilty). Pemerintah bisa menetapkan bidang-bidang penanganan yang menjadi fokus, dengan masukan pihak yang kompeten. Setelah itu, pemerintah memfasilitasi, mendukung, dan memberi penghargaan pada kalangan bisnis yang mau terlibat dalam upaya besar ini. Pemerintah juga dapat mengawasi proses interaksi antara pelaku bisnis dan kelompok-kelompok lain agar terjadi proses interaksi yang lebih adil dan menghindarkan proses manipulasi atau pengancaman satu pihak terhadap yang lain.

Intinya manfaat CSR bagi  masyarakat yaitu dapat mengembangkan diri dan usahanya sehingga sasaran untuk mencapai kesejahteraan tercapai.

Dan bagi perusahaan itu sendiri manfaatnya adalah Meningkatkan Citra Perusahaan, Memperkuat “Brand” Perusahaan, Mengembangkan Kerja Sama dengan Para Pemangku Kepentingan, Membedakan Perusahaan dengan Pesaingnya, Menghasilkan Inovasi dan Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengaruh Perusahaan




0 Response to "Pengertian CSR dan Contohnya di Perusahaan."

Posting Komentar